Login
Gunakan username dan password untuk masuk ke aplikasi
 

Username :  
Password :  
 
 

FAQ

Q: Mengapa stok kosong / tidak berubah, padahal sudah diinput?
A: Stok pada sistem e-Apotek terdiri dari stok harian dan stok-realtime. Jika ada menggunakan mode Input Tunda, maka stok yang tampil di e-Apotek adalah stok harian sesuai hari input tunda tersebut. Jika tidak menggunakan mode Input Tunda, maka stok yang digunakan adalah stok realtime.
Khusus untuk stok harian, nilai stok tersebut dikalkulasi secara harian (closing - setiap malam).
Pada kasus dimana user melakukan Input Tunda (misal pembelian obat), maka stok obat tersebut dimasukkan ke stok saat closing, sehingga user yang langsung melakukan penjualan akan menemukan stok-nya kosong (padahal sudah diisi). Silakan kontak helpdesk untuk melakukan closing secara manual.

Q: Mengapa menggunakan metode saldo-realtime dan saldo-harian yang membutuhkan closing?
A: Metode ini merupakan implementasi dari teknik akuntasi untuk persediaan barang (inventory) dan sudah menjadi standar dalam pengelolaan inventory. Pada transaksi normal, metode ini akan mempercepat proses jurnal transaksi ke sistem sehingga aplikasi E-Apotek mampu menangani lebih banyak user sekaligus. Sedangkan pada kondisi Input Tunda --yang merupakan kondisi khusus--, proses jurnal transaksi di-prioritaskan dibawah transaksi normal, sehingga prosesnya tidak secepat transaksi normal.

Q: Mengapa aplikasi terasa lambat / lemot?
A: Saat ini aplikasi e-Apotek berada di server yang sama dengan beberapa aplikasi lain. Dampaknya adalah pada saat jam sibuk akan terasa agak lambat. Kami sedang mengusahakan solusinya agar setiap aplikasi dapat berjalan optimal melalui beberapa alternatif, baik pemindahan server, optimalisasi database, dan lain-lain.

Rendered in 0.0006 sec using 1 MB
eApotek - Copyright © 2012
Yayasan Kesehatan Telkom